Menyambut Hari Anak Nasional 2015: Ayo Wujudkan Hak-Hak Anak!

Halo, temen-temen! Sebentar lagi kita akan menyambut hari yang sangat penting bagi kita, anak-anak di seluruh Indonesia. Hari yang didedikasikan untuk pemenuhan hak-hak anak di seantero pelosok negeri. Hari untuk memperingati bahwa anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang sangat penting bagi masa depan bangsa dan oleh karenanya patut dilindungi, dididik, dan dibimbing dengan baik.

Aku Bangga!

YAP! Hari Anak Indonesia yang dikenal dengan singkatan HAN sudah tinggal beberapa hari lagi. Hm… bagi kamu yang belum tau, kapan sih HAN itu?? HAN atau Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Wahwaahh… sudah sejak lama ternyata Pemerintah kita menetapkan hari yang khusus untuk kita. Ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada kita nih… sampai-sampai dibuatin Keputusan Presidennya. Terimakasih, Bapak Presiden !

Hohoo… tapi, apakah itu saja sudah cukup? Hm… gimana ya… Meskipun Hari Anak Nasional telah diperingati tiap tahunnya, masih ada teman-teman kita nih yang belum mendapatkan haknya sebagai anak-anak. Nahlo?! Kok bisa?

Sebelum itu, cari tau dulu yuk apa aja sih hak-hak anak itu.

Asal teman-teman tau ya… kita ini sebenarnya sudah dilindungi oleh Pemerintah kita dengan undang-undang lhooo… Tepatnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Waduuuh! Panjang banget ya namanya?! Yang penting intinya, anak-anak Indonesia sudah dilindungi dengan undang-undang itu.

Tenang..tenang… kita gak bakal bahas undang-undang pasal per pasal. Pusing mikirinnya, ya gak?! Di undang-undang tersebut ada 4 hak dasar anak yang wajib dipenuhi, yaitu hak Hidup, Tumbuh dan Berkembang, Berpartisipasi, dan Mendapatkan Perindungan dari Tindakan Kekerasan.

Nah, sekarang, hak hidup itu apa aja sih? Ini adalah hak seorang anak untuk mempertahankan hidupnya dan diakui kehidupannya. Jadi, setiap anak berhak atas kehidupannya dan sebagai pengakuan atas itu, diberikanlah akta kelahiran. Teman-teman ada yang belum punya akta kelahiran? Yuk cepet bikin yaa… minta orang tuamu ke kantor Catatan Sipil terdekat. Biayanya?? Gratis!!

Selanjutnya ada hak tumbuh dan berkembang. Jadi, setiap anak-anak di Indonesia berhak atas tumbuh kembang yang baik. Caranya?? Tentunya anak-anak Indonesia harus dijaga kesehatan dan gizinya. Jangan sampai anak-anak malah menderita dan tidak dapat tumbuh berkembang dengan baik. Selain itu, apa lagi? Yap, pendidikan! Satu-satunya yang dapat memutus segala bentuk penderitaan adalah Pendidikan. Pemerintah kita telah menyeenggarakan program Wajib Belajar 9 Tahun, tapi masih banyak teman-teman kita yang belum “kebagian” pendidikan yang layak nih… Tapi, kamu jangan menyerah dan tetap semangat! Bagi kalian yang sudah mendapatkan fasilitas pendidikan yang baik, yuk belajar yang tekun agar cita-cita kita tercapai!

Hak Partisipasi adalah hak anak untuk dapat berpartisipasi dalam suatu kegiatan atau apapun yang menjadi kebutuhan anak-anak itu sendiri. Singkatnya, bahwa anak juga dapat berperan. Contohnya, Forum Anak Daerah Bali adalah organisasi tempat anak-anak menyuarakan hak-hak anak. Nah, di sini artinya anak-anak tidak hanya sebagai penonton, namun juga bisa menjadi “tokoh” dalam suatu organisasi maupun kegiatan lainnya yang positif.

Yang terakhir ada hak mendapatkan perlindungan. Yap! Terutama dari segala tindakan kejahatan dan diskriminasi. Jadi, kita sebagai anak-anak tidak pantas untuk diperlakukan kasar atau mendapat tindak kekerasan. Jika kalian mengalaminya, laporkan saja ke orang tua atau orang yang lebih dewasa! Kita juga tidak boeh dibeda-bedakan atas dasar suku, agama, ras, atau apapun yang menyebabkan kita kehilangan sebagian atau seluruh hak-hak kita.



Nah… itu dia hak-hak dasar anak yang perlu kita ketahui sebagai seorang anak. Memang belum semua hak-hak tersebut dipenuhi sepenuhnya. Tetapi kita tidak boleh menyerah untuk selalu memperjuangkan hak-hak kita. Kami di FAD Bali juga akan senantiasa menyuarakan itu. Kami memohon kepada Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu aktif melindungi kami, anak-anak, dimana pun. Oh iya, tapi teman-teman jangan sampai lupa ya, bahwa kita juga memiliki kewajiban sebagai seorang anak.
Sekian dulu deehh… Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Terimakasih! Selamat Hari Anak Indonesia! Anak Indonesia, Merdeka… Hebat!

[Administrator~2015]
©2015
First