Selamat Hari Sumpah Pemuda - SATU UNTUK BUMI !!

Salam Pemuda Indonesia!


28 Oktober, kita memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda. 87 tahun sudah sejak Sumpah Pemuda dikumandangkan pada Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 di Waltervreden (sekarang Jakarta).


SOEMPAH PEMOEDA

Pertama
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

28 Oktober 2015, pemuda Indonesia tidak lagi menghadapi penjajahan dan sulit mengatakan “Merdeka!”. Saat ini, kita tengah berperang melawan kemiskinan, kebodohan, dan perusakan lingkungan. Alam menjadi sebuah hal yang sangat urgen untuk diselamatkan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-87, yaitu “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi “Satu untuk Bumi”. Tema tersebut direpresentasikan pula dalam sebuah logo.
logo Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87


Makna logo tersebut, yaitu:
  1. Elemen utama logo adalah bumi yang ditopang oleh 3  tangan. Gambar globe menjadi  fokus  logo sebagai representasi  tema  utama  HSP  2015:  "Satu  untuk Bumi".
  2. Sepasang  tangan  menopang  dan  satu  tangan mengepal (3 tangan) adalah representasi 3 semangat sumpah pemuda: nusa, bangsa, bahasa. Tangan  menopang  bumi  adalah  simbol dalam menjagakeberlanjutan gerakan penyelamatan bumi. Tangan terkepal adalah simbol semangat pemuda. 
  3. Elemen tipografi HSP menggunakan variasi pola font 70th  Indonesia  Merdeka  2015.  Warna font  hijau adalah  simbol  alam,  bumi,  semangat,  dan perdamaian  sebagai  tema  HSP 2015.Sedangkan tipografi  "Selamatkan  bumi-hari  sumpah  pemuda 2015" adalah identitas kegiatan sekaligus penegasan.
  4. Elemen api merah putih adalah simbol semangat dan kekuatan pemuda Indonesia.

Ayooo!! Buktikan semangatmu! Buktikan kepedulianmu!!
Anak Indonesia… Merdeka, hebat!!

[administrator]

©2015
Previous
Next Post »