Pemenang Lomba Artikel : PELAJAR CERDAS KREATIF BERINTERNET

Halo teman-teman🙋 pastinya sudah lama menunggu artikel baru dari kami, bukan?
Nah FAD Bali akan menampilkan sebuah artikel pemenang kontes artikel yang telah kami selenggarakan dengan tema "Pemuda Cakap Berinternet". Teman kita atas nama Dewa Ayu Dyana Santi Sahadewi dari SMPN 2 Amlapura berhasil menjadi pemenang pertama😊
Langsung saja, ini dia artikelnya..

PELAJAR CERDAS KREATIF BERINTERNET


Tahukah kamu saat ini era digital berkembang pesat? Hampir semua aspek dalam kehidupanmu dapat ditunjang melalui proses digital karena sudah banyak alat-alat manual yang berubah menjadi digital. Contohnya surat yang telah berubah menjadi Email, kamera film menjadi kamera digital, kaset menjadi music player, dan masih banyak lagi.
Salah satu penemuan di era digital yang sangat luar biasa dan mempengaruhi kehidupan kita sekarang adalah Internet.Ya, Internet !
Kamu sudah mengenalnya dengan baik, bukan?
Internet bisa berpengaruh negatif dan positif dalam kehidupan kita. Tergantung untuk apa dan bagaimana kita menggunakannya. Oleh karena itu, dalam artikel saya ini, saya akan sharing pada teman-teman mengenai "Apa itu Pelajar Cerdas Kreatif Berinternet dan bagaimana caranya menjadi Pelajar Cerdas Kreatif Berinternet"
Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengajak teman-teman pelajar dapat memanfaatkan internet secara sehat dan aman dengan cerdas dan kreatif. Kesadaran berperilaku secara baik dan benar dalam dunia maya, seperti halnya di dunia nyata, perlu selalu disosialisasikan kepada generasi muda penerus bangsa.
Lalu apakah yang dimaksud dengan Pelajar Cerdas Kreatif Berinternet ?
Berinternet Cerdas
Berinternet Cerdas yaitu bagaimana kita memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna serta aman sesuai dengan etika, budaya dan norma yang berlaku. Think before posting! Sebagai contohnya kita jangan menggunakan internet untuk melakukan tindakan negatif seperti menebar berita HOAX.
Lalu bagaimana cara seorang pelajar berinternet dengan cerdas ?
Untuk dapat menjadi pelajar cerdas berinternet, kamu harus mampu mengendalikan emosimu di internet!
 Ada 5(lima) prinsip cerdas berinternet diantaranya:
1.      Stop playing or keep addicted (stop bermain atau kecanduan)
Ingatlah, hidup kita tidak hanya di depan layar! Pergunakan gadget dengan bijak agar membantu hidup kita lebih efektif. Jika sudah kelebihan waktu saat bermain gadget, STOP PLAYING BEFORE YOU ADDICTED WITH IT.
2.      Think before Posting (berfikir sebelum memposting)
Prinsipnya kamu harus berhati-hati. Kita perlu cerdas memilih informasi yang boleh dan yang tidak boleh diketahui oleh orang lain atau publik karena tidak semua informasi dapat dibagikan ke semua orang.
3.      SARING before sharing (saring sebelum berbagi)
Sebelum membagikan informasi atau suatu hal perlu dipilah secara matang apakah itu HOAX atau FAKTA?
4.      Be wise while online ( bijaksana saat online )
Saat ini banyak situs-situs online yang bersifat provokasi hingga berbau kebencian, perpecahan, bahkan memojokkan salah satu kelompok/suku. Hal tersebut bisa diakses oleh siapapun baik dalam jejaring sosial maupun secara tidak sengaja menemukannya di mesin pencarian seperti Google, Facebook, Instagram, dan semacamnya sehingga kita harus mampu berpikir bijak dalam mencermati hal tersebut.
5.      Click or Close ( tekan atau tutup )
Teman – teman harus lebih berhati – hati  dalam menerima postingan atau kiriman dalam bermedia sosial .Seperti saat ini banyak konten-konten yang bersifat negatif masuk dan tersebar di beberapa media sosial. Oleh karena kita memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, secara tidak sengaja menekan atau membuka postingan tersebut. Maka dari itu, kita harus jeli apakah memilih CLICK OR CLOSE.
Internet Kreatif 
Kreatif dengan internet itu seperti kita sedang berdiri di tengah sebuah kebun luas yang menyediakan berbagai jenis bunga, tanaman, dan belukar. Kitalah yang perlu memangkasnya, dan menatanya menjadi tanaman indah atau rangkaian bunga yang menawan”(RifkiSya’bani)
Internet Kreatif adalah memanfaatkan internet atapun menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah. Internet itu banyak manfaatnya loh  teman-teman! Melalui Internet kreatif ini, kita bisa menggunakan internet sebagai panduan dalam belajar di rumah atau di sekolah. Bisa saja dengan bantuan aplikasi yang ada di internet kita dapat membuat tugas sekolah lebih mudah dan cepat. Kita juga dapat membuat sebuah aplikasi yang dapat menjadi sumber tambahan uang saku teman-teman dan diri kita sendiri sehingga kita bisa menjadi menjadi inovator muda.
Melalui pemaparan di atas, saya berharap kepada semua teman pelajar untuk dapat


1.      Mengendalikan emosi dalam menggunakan internet sehingga kamu dapat berinternet secara cerdas kreatif dan sehat.
2.      Mengetahui dan memahami segala yang berlebihan itu tidak baik sehingga kita harus bias menggunakan internet atau gadget dengan seimbang baik secara frekuensi (seberapa sering kamu menggunakannya) dan durasi (seberapa lama kamu menggunakannya).
3.      Memanfaatkan internet untuk hal positif dan berinovasi membuat konten-konten positif yang bermanfaat untuk banyak orang.
4.      Menjadi generasi digital yang tangguh dan cerdas memilah dan memilih mana yang tidak baik dan baik buatmu.

5.      Berekspresi di internet disertai dengan rasa bertanggungjawab. 

Untuk mencapai harapan tersebut, sebaiknya jangan sampai kita disibukkan meng-upgrade handphone kita atau aplikasi di dalamnya, tapi lupa untuk meng-upgrade pola pikir kita untuk lebih cerdas dan kreatif menggunakannya”.
Dapat saya simpulkan bahwa sebagai pelajar cakap dan kreatif berinternet itu sangat penting agar kita tidak terjerumus oleh pengaruh-pengaruh negatif seperti pergaulan bebas, pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya kita, paham terorisme, dan situs-situs negatif seperti peredaran narkoba, human trafficking dan konten berbau kebencian.
Di era globalisasi ini, marilah kita menjadi pelajar cakap kreatif berinternet untuk membentengi diri agar menjadi pelajar yang tangguh, cerdas, dan kreatif dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
SALAM ANAK BALI!!


Wah teman-teman, gimana artikel teman kita yang satu ini? Menarik dan bermanfaat, bukan? Yukk kita menjadi generasi muda yang cerdas dan kreatif berinternet seperti kata Dyana. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya tentunya dengan artikel yang tidak kalah menarik..
Previous
Next Post »