Tips Public Speaking

Salam Anak Bali!

Hai sobat semuanya, di jaman sekarang ini kemampuan public speaking (berbicara di muka umum) sangat penting loh! Kenapa ya?  Karena banyak banget manfaatnya. Dengan kemampuan public speaking kita bisa  mempengaruhi orang lain untuk melakukan kegiatan positif, bisa menyalurkan aspirasi kita dengan baik dan bermanfaat banget di kalangan masyarakat. Misalnya nih, kita ikut organisasi.  Dalam sebuah organisasi, pastinya ada seorang ketua yang bertugas untuk memimpin anggotanya. Bayangin aja deh, kalau sang ketua engga bisa public speaking dan mempengaruhi anggotanya, rugi banget  kan?! jadi, mau nggak mau  kita harus bisa public speaking.

Udah lihat kan, ternyata banyak banget manfaat public speaking itu. Tapi, bagaimana sih caranya biar saat kita berbicara di depan umum(public speaking) bisa lancar dan bisa meyakini  audiens kita? Nah kali ini Duta Anak Bali Komisi Partisipasi 2017 mau bagi-bagi beberapa tips mengenai Public Speaking(berbicara di depan umum). 
Dan…… Ini dia!

1.       Pahami  materi
Buat temen-temen yang mau mulai berbicara di depan umum, kalian harus memahami materi yang akan disampaikan saat itu. Karena dengan memahami materi kita bisa lancar berbicara tanpa rasa gugup dan tentunnya bisa lebih meyakini  audiens kita.

2.      Kuasai  audiens
Maksud dari kuasai audiens ini adalah, kita harus paham siapa yang kita hadapi. Apakah mereka  anak-anak, remaja atau orang dewasa. Dengan menguasai audiens, kita bisa tahu bagaimana sebaiknya cara kita menyampaikan apa yang kita ingin sampaikan.

3.      Eye contact
Kenapa  eye contac(kontak mata) itu penting? Namanya juga public speaking, udah pasti dong ada  orang yang kita ajak interaksi. Bayangin aja deh, kalau kita ngomong sama orang, tapi pandangan kita malah kearah yang lain. Pasti mereka ngerasa bosan dan merasa Cuma jadi pajangan speaker aja. Dengan adanya kontak mata, ini  juga salah satu hal yang mendukung banget buat para audiens yakin sama pembicaraan kita. Makannya, kalau kita lagi public speaking, harus memperhatikan eye contact supaya engga dikira  ngomong dan asik sendiri hehe.

4.      Sisipkan humor
Jaman sekarang, siapa sih yang engga bosen dengerin orang bicara di depan? Apalagi kalau pembicaraannya serius. Pasti matanya keburu  ngantuk dan pingin banget si pembicara menyelesaikan pembicaraannya. Nah, supaya engga terjadi hal  kaya gini, alangkah baiknya kita menyisipkan sedikit humor.  Ya, supaya suasananya lebih hidup dan audiens kita tetap setia mendengar dan memperhatikan kita^^. Tentunya, dengan humor yang cerdas dan lagi kekinian ya. Dan jangan lupa  untuk melihat siapa audiens kita. Kalau  audiens kita kids jaman now tapi humornya jaman old? Nah lho  gimana tuh? :v

5.      Interaksi dan menghargai audiens
Dan yang terakhir adalah interaksi dengan auidiens. Ini  juga merupakan salah satu strategi untuk membuat audiens kita engga ngantuk  dan merasa dihargai. Kita bisa aja loh, mengajukan pertanyaan sama audiens kita. Itu bagus banget, karena audiens bakalan merasa dihargai dan dianggap keberadaannya. Daripada kita nyeroscos sendiri, mending kita ajak  audiens buat tergabung dalam pembicaraan kita. Dan yang paling penting adalah jangan lupa  untuk mengucapkan terimakasih kepada audiens. Dengan cara ini juga, bisa menghilangkan kesan grogi dan kita juga bakalan lebih berkesan bagi audiens kita^^


Okay teman –teman, itu sedikit tips mengenai Public Speaking dari Duta Anak Bali Komisi Partisipasi 2017. Semoga tips diatas bisa berguna buat teman-teman semua yaa^^
 Salam Anak Bali!

-Duta Anak Bali Komisi Partisipasi 2017-

(Nasiha, Diah Meitha, Ayu Indah)
Previous
Next Post »