INOVASI DALAM EVALUASI

Masyarakat kini tentu sudah tidak asing lagi dengan UNBK. UNBK atau Ujian Naional berbasis computer merupakan salah satu inovasi baru dalam pelaksanaan evaluasi di bidang pendidikan. UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016 untuk tingkat SMA/sederajat. Namun, pada tahun 2016 hanya ada beberapa sekolah di Indonesia yang bisa melaksanakan UNBK. Hal ini, disebabkan karena kurangnya fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan UNBK, seperti computer.
Dalam pelaksanaannya, UNBK memiliki banyak kendala yang bisa mengganggu jalannya UNBK. Misalnya saja listrik padam saat ujian berlangsung ataupun terbatasnya perangkat computer. Selain itu, biaya yang dikeluarkan dalam pelaksanaan UNBK tergolong mahal.Namun, meskipun ada banyak kendala dalam pelaksanaannya, UNBK juga memiliki banyak kelebihan yang perlu untuk dipertimbangkan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

Meminimalisir kecurangan
UNBK merupakan salah satu cara untuk meminimalisir kecurangan dan kebocoran soal yang merupakan rahasia dan aset negara. Hal ini akan mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia karena hasil UN merupakan hasil murni dari kemampuan siswa. Dengan begitu, kita akan dapat mengetahui seberapa atau sudah sejaun mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang diberikan oleh guru di sekolah.

Meminimalisir kesalahan dan memberikan kemudahan
UNBK juga diterapkan untuk memudahkan siswa dalam mengisi biodata dan meminimalisir kesalahan. Siswa juga dimudahkan dalam mengerjakan soal. Ketika menemukan soal yang dianggap sulit maka soal tersebut bisa dilewati dan juga ada indikator soal yang belum dikerjakan. Hal ini akan memudahkan siswa dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Mengurangi penggunaan kertas
Dengan adanya UNBK, maka pemerintah tidak lagi harus mencetak ribuan lembar naskah soal. Ini bisa menjadi salah satu solusi yang ramah lingkungan dalam rangka mengurangi penggunaan kertas. Selain itu, juga bisa memberikan soal yang lebih beragam dan dapat meminimalisir masalah kesalahan cetak atau hasil cetakan buram.

Mengenalkan siswa dalam dunia IT
Siswa tidak hanya mempelajari tentang science tapi siswa juga dituntut untuk mengenal dunia IT. Dalam mencari pekerjaan, akan ada banyak hal yang berkaitan dengan IT. Jadi, dengan adanya UNBK maka siswa akan mulai mengenal dan terbiasa dengan dunia IT. Pelaksanaan UNBK diharapkan dapat mengarahkan siswa kepada hal-hal yang positif terutama yang berkaitan dengan internet dan media sosial.

Menghemat anggaran negara
Sebelumnya, negara harus menyimpan naskah soal yang sangat banyak, yaitu mencapai 35 juta exemplar. Sementara itu, anggaran untuk mencetak naskah bisa mencapai 560 miliar rupiah dan belum termasuk biaya pendistribusian naskah. Dengan adanya UNBK, maka pelaksanaan UN menjadi lebih efisien dan efektif.


Pada intinya dengan adanya pelaksanaan UBNK, maka diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, UNBK bisa dikatakan ramah lingkungan. Tahun 2016 lalu merupakan tahun pertama dari pelaksanaan UNBK. Namun, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dari pelaksanaan UNBK agar lebih matang dan lebih baik lagi.(F29)
Previous
Next Post »