Olahraga itu Simpel! Inilah 7 Manfaat Olahraga bagi Kita

Salam Anak Bali, Anak Indonesia!
Salam Olahraga!
Selamat Hari Olahraga, Anak Indonesia!


"Mens sana in corpore sano" Yupp, kalian pasti mengenal slogan berbahasa latin itu... Hmm... ada yang tau gak artinya?? Bagi yang belum tau, sini deh mimin kasi tau artinya. Kurang lebih artinya itu.. "Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat!"

That's trueee... tubuh yang sehat mencirikan jiwa yang sehat. Semuanya, yang masih sehat jiwanya, pasti ingin raganya sehat juga dong... Gimana caranya?? Simple! O.LAH.RA.GA. Ya! Olahraga!

Ngomong-ngomong tentang olahraga, olahraga itu gak mesti yang berat-berat. Kamu gak mesti ngangkat barbel 25kg atau lari 10 kilometer atau renang gaya punggung 500 meter baru namanya olahraga. Olahraga itu simpel. Sesimpel niat kita untuk sehat, yaitu tidak sakit. Jalan-jalan keliling kompleks bahkan kamu cuma jalan dari kamar ke dapur pun itu namanya olahraga (Syarat: kamarmu gak di dapur). Intinya, segala aktivitas fisik untuk melatih kebugaran jasmani dan bisa merefresh pikiranmu bisa disebut dengan berolahraga. Simpel kan? Iya, simpel toh.

Selain bisa meningkatkan kebugaran jasmani yang sederhananya badanmu itu segerr, merefresh pikiranmu, dan membuat jiwamu sehat (alias tidak gila). Olahraga juga memberikan banyak manfaat lain. Ini dia 7 manfaat olahraga versi FAD Bali:
1.   Meningkatkan ketahanan tubuh. Mimin curhat dikit nih.. Selama ini blog FAD Bali vakum hampir sebulan itu gegara mimin kecelakaan. Alhasil, paha kanan patah :"( Padahal nih, kecelakaannya tuh simpel amat kaga ada keren-kerennya. Ga usah deh ngebayangin kalau mimin jatuh dari sepeda motor atau gimana. Ini cuma gara-gara mimin ngendong temen di pantai, kejengklok, terus patah. Udah, gitu simpel. Kok bisa? Nah itu pertanyaan yang dateng ke mimin beribu ribu kali. Tapi mimin sadar, kurang olahraga adalah penyebabnya. Jadi, tulang yang harusnya kuat karena jarang dilatih jadi mudah patah. #petikpelajaran

2. Belajar kompetisi, berjuang, menang, kalah, dan sportivitas. Ya! Semuanya dapat kita pelajari dari satu aktivitas yang disebut olahraga ini. Olahraga identik dengan kompetisi, apapun jenis olahraganya. Bahkan ketika kita jalan santai, pasti pengen duluan sampai walaupun dengan motif teh poci dan nasi kuning yang menunggu di kantin. Nyam..nyamm... Apakah itu salah? Tentu tidak! Selain itu, olahraga juga mengajarkan perjuangan dan kerja keras untuk mencapai hasil. Ketika olahraga menjadi sebuah kompetisi, maka selalu ada yang kalah dan menang. Bedanya dengan perang, kalau olahraga keduanya sama sama untung dan sehat. Di sini kita mulai bisa menghargai kehebatan dan kelebihan orang lain dan menyadari kekurangan kita.


3. Menghindarkan kita dari hal-hal negatif. Pokoknya buat diri kita lelah karena berolahraga tapi tidak lelah untuk berolahraga. Tapi, jangan sampai terlalu kelelaha juga. Saat kita sudah lelah berolahraga, dapat disimpulkan bahwa no time and no energy untuk membuat hal-hal yang negatif. Bravo!

4. Menghilangkan rasa "sendiri". Bapeeeerrrr... tapi tidak dapat dipungkiri bahwa inilah problem bagi anak-anak, khususnya kita yang sedang remaja. Dengan berolahraga, contohnya lari pagi ke Taman Kota atau Pantai bersama keluarga pasti akan menambah kedekatan bersama keluarga, begitu pula dengan temen-teman atau sahabat. Kalau sendiri? Yaampuuun kasian banget. Tapi itu bukan masalah, saat kamu lelah berolahraga, saking lelahnya kamu akan melupakan kesendirianmu. Atau misalkan kamu bisa kenalan dengan temen baru di tempat olahraga, tapi... ingat, tetap hati-hati..


5. Banyak temen. Ya! Berkaitan dengan yang nomor 4 tadi, kita akan memiliki lebih banyak temen dengan lari pagi daripada kita gadgeting (main gadget) di pagi hari.

6. Jaga berat badan. Yoayoayooo... yang gendut dikurusin, yang kurus digendutin. Karena intinya olahraga gak cuma bikin kurus atau gendut, tapi bikin badan sehat dan ideal.

7.  Tidur pulas. Tidak diragukan lagi, rutin berolahraga khususnya waktu sore bisa bikin tidur kita pulas. Hhmm... tidur yang berkualitas akan berbuah pada hari yang berkualitas

Yeppp.. itu dia 7 manfaat berolahraga bagi kita, ya kita yang masih anak-anak dan remaja. Yok mulai dari sekaraaang!! Langkah pertama yang mimin anjurkan sebelum olahraga adalah PALINGKAN PANDANGANMU DARI SMARTPHONE tentunya setelah:
*LIKE FANSPAGE kami: Forum Anak Daerah Bali
*FOLLOW TWITTER/IG: @fadbali / fadbali
*Tentunya, share artikel ini sebanyak-banyaknyaaa..

Salam Hangat dari Anak Bali!!
Anak Indonesia... Luar Biasa!
Anak Indonesia... Merdeka, Hebat!
Siapa kita?? IN.DO.NE.SIA!
Ayo OLAHRAGA!

[oleh Duta Jaringan]
©2015

Previous
Next Post »