Commemorating WAD 2015: WE LOVE, WE CARE, WE SHARE!


FAD BALI commemorating World AIDS Day…
Pasti kalian bingung kan, kok hari ini banyak yang membagikan pita merah? Yup, karena hari ini merupakan peringatan Hari AIDS Sedunia! World AIDS Day atau Hari AIDS sedunia ini jatuh pada tanggal 1 Desember,lho! Berhubung sekarang tanggal 1 Desember yang merupakan World Aids Day, yuk kita bahas HIV AIDS ini! Cekidot!

v  Kalian pasti sudah sering denger kan apa HIV/AIDS itu?
Yup! HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. HIV merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD-4, sehingga dapat merusak system kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun. Jadi, walaupun kalian hanya terkena pilek biasa pun jika system kekebalan tubuh kalian lemah bisa menyebabkan kematian, lho. Iih serem ya!

Did you know?
Penyebaran HIV pada usia muda makin memprihatinkan. Fakta ini menunjukkan bahwa penderita AIDS paling banyak menyerang para remaja yang masih berusia produktif. Bahkan ada beberapa kasus yang terungkap akhir-akhir ini, yaitu anak balita yang masih berusia 8 tahun tetapi anak tersebut sudah divonis pengidap peyakit AIDS. Dugaan sementara anak itu tertular penyakit AIDS dari si Ibu yang mengidap penyakit HIV/AIDS.

v  Bagaimana sih cara penularan HIV/AIDS?
HIV/AIDS dapat menular melalui :
1.  Hubungan seks
2.  Penggunaan bersama jarum suntik yang terkontaminasi virus HIV oleh pemakai narkoba atau perawatan kesehatan
3.  Transfusi darah 
4.  Antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui,dll
So guys, berhati-hatilah dalam memilih pergaulan yaw!

v  Then, kalau kita tahu orang itu terkena HIV/AIDS kita harus jaga jarak dong,min?
NO! Jauhi penyakitnya, bukan orangnya! Kalian bebas kok untuk bergaul ataupun dekat dengan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) itu! Asalkan kalian ngga melakukan hubungan seks ataupun penggunaan bersama jarum suntik yang terkontaminasi virus HIV!

FYI, HIV/AIDS tidak dapat menular dalam kontak sehari-hari dalam kegiatan sosial, di sekolah, ataupun di tempat kerja. Kalian tidak dapat terinfeksi lantaran kalian berjabat tangan, berpelukan, menggunakan toilet yang sama atau minum dari gelas yang sama dengan seseorang yang terinfeksi HIV atau terpapar batuk atau bersin penyandang infeksi HIV. HIV juga tidak menular melalui gigitan nyamuk,lho. Karena nyamuk tidak dapat terserang virus HIV!

Coba bayangkan betapa nelangsa dan terpukulnya penderita HIV/AIDS jika mereka didiskriminasi. Apalagi kalau hal tersebut terjadi pada remaja di Indonesia. So, kalian jangan sekali-kali mendiskriminasi ODHA ya!  Kalian lah yang seharusnya memberikan semangat hidup bagi para ODHA!

v  Namun apa yang terjadi apabila mereka menemukan masalah ketika melakukan atau mencoba hal-hal tersebut? Apakah mereka akan bertanya kepada orang tua atau bertanya kepada guru?
Sebenarnya jawabannya sangat mudah,lho : TEMAN. Yup, karena, teman merupakan satu-satunnya yang bisa diajak berdiskusi atau curhat tentang sesuatu masalah apalagi tentang reproduksi dan sebagainya. Tetapi apabila teman yang diajak berdiskusi atau curhat tersebut juga tidak mengerti tentang kesehatan reproduksi tentunya masalah tersebut malah menjadi penyebab banyak remaja yang salah jalan karena salah menprediksikan dan salah orang.

Jadiii, kita sebagai Anak Indonesia harus memperkaya pengetahuan kita mengenai HIV/AIDS ini ya guys. Karena, kita Anak Indonesia yang merupakan generasi PELURUS bangsa Indonesia lah yang akan menentukan bagaimana masa depan bangsa Indonesia!
Dan untuk menyambut Hari AIDS sedunia, ayo, kita sebagai anak-anak Indonesia selalu melakukan hal-hal yang positif yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa!

WE LOVE, WE CARE, WE SHARE!

Anak Indonesia... Luar Biasa!

[oleh Duta Kesehatan]
2015


Previous
Next Post »